6 Des 2007


KONTROL KUTU DAN CAPLAK PADA HEWAN KESAYANGAN
Oleh: Drh. Nurheti Yuliarti

Pada hewan kesayangan baik itu mamalia terutama anjing dan kucing persoalan kutu dan caplak menjadi masalah tersendiri. Beberapa mamalia bisa terserang caplak yang sangat merugikan. Selain bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit, kutu dan caplak bisa berfungsi sebagai hospes perantara (hospes transport) berbagai jenis mikroorganisme penyebab sakit sehingga harus diberantas. Terkadang pemilik hewan hanya memberantas kutu dan caplak terbatas pada yang ada dalam tubuh hewan, padahal dengan cara tersebut tidak akan memberikan hasil yang memuaskan karena hanya kutu dan caplak dewasa saja yang menghabiskan waktunya dalam tubuh hewan sedangkan telur, larva, dan pupanya akan berada dalam lingkungan tempat hewan berada maupun di sekelilingnya. Sehingga untuk menghilangkan kutu maupun capak secara tuntas maka pemberantasan harus dilakukan baik pada hewan, kandang, dan lingkungan tempat hewan berada pula.
Cara sederhana untuk menghilangkan kutu didalam kandang adalah dengan penghisap debu. Jika hewan kesayangan anda anda biarkan berkeliaran di dalam rumah (namun hal ini sangat tidak dianjurkan) maka lantai, karpet, permadani, dan tempat-tempat dibawah perabotan rumah tangga harus dijamah terutama tempat biasa hewan berada atau berlalu lalang. Penghisap debu mungkin tidak dapat menjangkau semuanya maka anda perlu menggunakan produk yang dapat menghentikan pertumbuhan telur, larva, dan pupa serta mematikan stadium dewasanya. Pengasapan dan spray mungkin dapat anda lakukan, Pengasapan dapat dilakukan pada ruangan yang agak terbuka sedang spray cenderung untuk menjangkau daerah yang sulit dijangkau pengasapan seperti dibawah perabot, celah-celah, dan dibelakang hiasan dinding.
Anda harus mencuci kandang hewan kesayangan anda (anjing dan kucing) secara rutin setiap hari dengan disertai desinfeksi. Jangan lupa pula mengganti pasir dalam kotak pasir setiap hari. Sedang untuk hewan lain disamping selalu dibersihkan dan di desinfeksi seminggu sekali kita perlu mengganti bedding seperti jerami atau bahan lain setidaknya seminggu minggu sekali atau bisa lebih sering apabila telah basah atau kotor. Jangan lupa lakukan pula pembersihan dan desinfeksi pada mobil atau kendaraan yang pernah digunakan untuk mengangkut hewan anda. Anda perlu mempertimbangkan adanya anak-anak maupun saudara anda yang terserang asma sehingga pilihlah produk yang sesuai (baca pada label) atau anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk membantu anda. Anda juga harus membersihkan lingkungan tempat anda biasa bermain dengan hewan kesayangan anda misalnya pada halaman rumah anda.
Biasanya parasit (kutu atau caplak) menyukai tempat yang lembab, hangat, teduh dan banyak material-material organik sehingga anda harus membersihkan material-material organik seperti daun-daunan, jerami maupun rumput-rumputan agar tidak menjadi sarang kutu maupun caplak. Setelah hal itu anda lakukan anda bisa menyemprot dengan berbagai produk anti kutu dan caplak pilihan anda. Lakukan hal tersebut setiap 7-21 hari sekali tergantung petunjuk yang ada pada label produk yang anda beli.
Untuk membersihkan kutu dan caplak pada hewan kesayangan anda anda bisa menggunakan produk topikal, spray, dipping(mencelupkan/memandikan), sampo, maupun obat-obatan yang diberikan secara oral maupun injeksi. Insektisida topikal dapat anda berikan sebulan sekali, masing-masing produk mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri sehingga anda dapat memilih yang paling tepat untuk hewan kesayangan anda. Produk yang anda pilih dapat mengandung permetrin, pyretrin, dan fipronil sebagai contoh Bio Spot One StepÒ, AdvantageÒ, FrontlineÒ, Frontline PlusÒ dan RevolutionÒ. Baca baik-baik label yang ada , dan jangan berikan produk yang mengandung permetrin pada kucing.
Pemberantasan kutu dan caplak pada hewan kesayangan anda juga dapat dilakukan dengan spray. Berikan secukupnya saja, jangan sampai hewan anda basah kuyup dan jangan mengenai mata. Untuk menjangkau daerah yang berdekatan dengan mata semprotkan produk anda pada segumpal kapas dan oleskan kapas tersebut pada daerah yang anda inginkan baru kemudian anda usap bekasnya dengan kain jika terlalu basah agar tidak menetes-netes dan mengenai mata hewan kesayangan anda. Lakukan spray pada ruangan yang baik ventilasinya. Jika hewan anda ada pada kandang yang permanen buka dahulu pintunya agar ventilasinya baik.
Jika anda memilih dipping untuk memberantas kutu dan caplak pada hewan kesayangan anda maka lakukan pada ruangan yang ventilasinya baik, tutuplah mata dan kedua telinga hewan anda dengan kapas atau lapisi dengan salep khusus mata (Ophthalmic Ointment) untuk melindungi dari terkena produk yang bisa membahayakan hewan anda. Hati-hati memilih produk, baca baik-baik label yang ada, sebagian besar produk untuk anjing tidak boleh digunakan untuk kucing. Biasanya produk yang digunakan untuk kucing mengandung pyretrin jangan keliru dengan permetrin karena permetrin tidak boleh digunakan pada kucing.
Anda juga dapat menggunakan produk yang berupa sampo yaitu produk ini memerlukan dibilas berbeda dengan dipping yang tidak perlu dibilas. Jika anda menggunakan produk ini hendaknya anda memastikan bahwa anda harus menahan sampo setidaknya 10 menit sebelum anda membilasnya. Jika hewan kesayangan anda sulit untuk dikuasai anda dapat menggunakan produk berupa tablet maupun injeksi(suntik) Pemberian tablet dapat anda lakukan sebulan sekali sedang injeksi 6 bulan sekali.
Namun jika hewan kesayangan anda alergi terhadap semua jenis obat maupun produk maka anda dapat menggunakan sisir kutu (semacam"suri") untuk membersihkan kutu pada rambut manusia. Metode ini memang yang paling aman, tidak toksik, dan dapat anda lakukan pada hewan sakit maupun hewan bunting. Sisir yang baik setidaknya memiliki 32 gigi/inci. Setelah anda menyisir hewan anda, rendam sisir pada larutan deterjen. Yang terbaik bagi anda adalah melakukan pencegahan sebelum hewan anda terkena kutu atau caplak dengan menggunakan repelent. Ingat jangan gunakan permetrin untuk kucing anda.

Tidak ada komentar: