27 Jun 2008

GEDUNG BERPUTAR DUBAI

Tahu nggak sich sebagai orang yang agak gatek, aku kagum baca berita di http://www.dynamicarchitectur, katanya ada gedung bertingkat yang bisa berputar yang akan di bangun di dubai. Kagak abis pikir gimana ya ngebayangin putarannya, apa kayak bumi berputar trus orang di dalamnya nggak merasakan atau kayak komedi putar ya kalau kita di dalemnya jadi dengan diam bisa ngliat ke degala arah. Mudah mudahan kapan kapan Indonesia juga bisa bikin biar aku bisa ngerasain juga.

Udahan dulu ya selingannya. Terimakasih pada semua pembaca dan teman temanku semua, terutama teman teman ku di penerbit manapun; Andi offset, Agromedia pustaka dan Media pressindo yang banyak peranannya bagi hidupku. Terimakasih atas semuanya

25 Jun 2008

MAKANAN ORGANIK

Oleh: Nurheti Yuliarti

Akhir akhir ini makanan organik tengah menjadi trend. Apa sih sebenarnya makanan organik itu. Tidak semua orang sepakat dengan satu definisi. Namun mudahnya makanan organik adalah Makanan yang dihasilkan dengan sesedikit mungkin atau bahkan tanpa zat kimia sama sekali. Jadi dalam penanamannya sejak benih ditabur dia hanya akan diolah dengan bahan organik misalnya pupuk organik, pembunuh hama dan penyakit organik dan jauh dari rekayasa genetik.

Konon makanan organik dinyatakan lebih aman daripada makanan non organik. Benarkah? Pernyataan tersebut tidak selalu benar namun juga tidak selalu salah. Kalau orang menyangka makanan organik tidak perlu dicuci bersih sebelum dikonsumsi tentu saja salah. Perlu diketahui, sebelum dikonsumsi bahan mentah baik itu organik maupun non organik harus dicuci hingga bersih dbawah air mengalir karena kalau non organik tercemar pupuk dan pestisida kimia, pada bahan makanan organik tercemar kotoran(tinja dan lain lain) yang digunakan sebagai pupuk. Karenanya baik organik maupun non organik harus ditangani dengan benar agar kita sehat


Satu lagi, apapun yang namanya berlebihan tidak baik. Karenanya makanlah secukupnya saja tergantung kebutuhan anda. Anda yang lebih mengetahuinya bukan? Jangan kekenyangan atau kelaparan. Semuanya tidak baik bagi anda. Sampai jumpa tulisan berikutnya. Salam

20 Jun 2008

PEMERIKSAAN KEBUNTINGAN SAPI

Indikasi Luar Kebuntingan:
 Berhentinya gejala estrus
Belum pasti, Peternak mungkin lupa tidak memperhatikan, birhi mungkin tidak nampak, patologik di dalam uterus seperti myometra dalam ovaria seperti sista yang menyebabkan kegagalan birahi.
 Abdomen membesar pada kebuntingan tua, tidak pasti
 Kelenjar susu sapi dara membesar pada kebuntingan 4-5 bulan, pada sapi yang sudah sering melahirkan (Tua) perbesaran maupun oedeema kelenjar susu sering tidak jelas antara 1-4 minggu menjelang akhir kebuntingan.
 Kadang-kadang gerakan fetus dapatdipantulkan atau pergerakannya dapat di observasi dari luar dinding perut setelah kebuntingan berumur 6 bulan.
 Denyut jantung fetus dapat di auskultasi pada daerah legoklapar 6-7 bulan sampai akhir masa kebuntingan
 Elektrokardiografi untuk membedakan dengan mumifikasifetus sesudah kebuntingan bulan ke lima.
Indikasi Dalam kebuntingan.
Uterus biasanya lunak, dapat di tekuk dan kendur dengan sedikit ketegangan padapermulaan kebuntingan . Uterus benar-benar lemas dan atonik terdapat pada anestrus sejati dan sista ovaria kronik. Sewaktu birahi, jikadirangsang uterus meregang dan berereksi. Padaakhir estrus dan permulaan pro estrus, satu sampai dua hari sesudah ovulasi, uterus berdinding tebal dan oedematous, seringkali sekitar 20, 40, 60 hari sesudah konsepsi, uterus dapat menjadi sangat berereksi dan tegang bersamaan dengan aktivitas folikuler pada ovarium, walaupun terdapat suatu korpus luteum normal.
Pemeriksaan kebuntingan secara per rectal paling aman mulai 60 hari setelah konsepsi.
Indikasi Pasti:
o Palpasi kornu uteri yang membesar berisi cairan plasenta 30-90 hari kebuntingan
o Palpasi kantongamnion 30-50 hari kebuntingan
o Selip selaput fetal, allantokorion, dengan penjepitan secara luwes terhadap uterus di antara ibu jari dan jari telunjuk pada kebuntingan muda, 40-90 hari
o Perabaan dan pemantulan kembali fetus di dalam uterus yang membesar yang berisi selaput fetus dan cairan plasenta
o Perabaan plasentoma
o Palpasi arteri uterine media yang membesar, berdinding tipis dan berdesir(Fermitus).
Indikasi kurang pasti:
Asimetri kornu uteri
Perbesaran ukuran uterus dan penipisan serta pengembangan dindingnyaLokasi uterus di dalam rongga abdomen, lokasi, ukuran dan persistensi korpus luteum dan perubahan-perubahan vaginal.

LINGKUNGAN KITA TAK SELALU AMAN

Tidak dapat kita hindari, dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali berhubungan dengan bahan-bahan kimia. Bahan-bahan tersebut ada dalam kosmetik, produk rumah tangga maupun produk lain yang sering kita gunakan sehari-hari. Diantara bahan kimia tersebut ada yang aman bagi kita asalkan digunakan sebagaimana mestinya atau dengan kata lain digunakan dalam dosis dan frekuensi penggunaan yang tepat. Namun perlu diingat pula ada beberapa produk rumah tangga yang didalamnya mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kita gunakan dalam dosis dan frekuensi sesedikit apapun sehingga dapat kita golongkan sebagai racun. Maka dari itu kita harus pandai-pandai memilih berbagai produk rumah tangga agar aman bagi kita.

Sejumlah pakar mengatakan bahwa adanya gangguan kesehatan yang disebabkan sejumlah bahan kimia terutama bahan kimia rumah tangga disebut dengan alergi yang hanya terjadi pada sejumlah orang. Alergi itu sendiri dapat dikatakan sebagai suatu bahan asing yang menyebabkan reaksi tak menyenangkan dalam jaringan tubuh manusia namun tidak terjadi pada setiap orang. Misalkan individu tertentu menjadi sakit bila mengonsumsi susu. Tentu saja hal ini tidak terjadi pada semua orang namun hanya terjadi pada beberapa orang saja yang sensitif terhadap susu. Efek yang demikian jelas berbeda dengan keracunan misalkan seseorang yang meminum lisol akan mengalami kesakitan yang amat sangat bahkan sampai mati. Jadi jika didefinisikan secara umum alergi adalah merupakan reaksi tak menyenangkan terhadap suatu bahan asing, sifatnya khas bahan itu berbeda dengan reaksi normal dan khas untuk individu yang bersangkutan. Sebagian reaksi alergi menetap seumur hidup namun kebanyakan alergi dapat berubah efeknya dalam jangka waktu tertentu. Bila bahan tersebut dihindari reaksinya akan menghilang namun jika anda memakan atau mengalami kontak dengan bahan tersebut dalam jumlah yang besar maka alergi akan memburuk.

Namun demikian pakar yang lain menyebut resksi diatas bukan sebagai alergi namun keracunan dalam dosis kecil sehingga efek tiap orang berbeda-beda akibatnya orang sering keliru menyebutnya sebagai alergi. Beberapa orang memiliki respon dengan dosis yang berbeda-beda sehingga memang tak sepenuhnya salah jika disebut sebagai alergi.

18 Jun 2008

BILA SAYAP BIDADARI ANDA LAYU

Oleh: Nurheti Yuliarti

Caladium yang dikenal sebagai sang sayap bidadari memang sangat menawan. Keelokan warna dan coraknya yang begitu beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi anda pengagum tanaman hias daun. Dibalik keelokannya sangat disayangkan tanaman ini sangat mudah stress dan layu bila paparan sinar matahari terlalu banyak. Bahkan daunnya yang elok pun bisa terbakar bila panas yang mengenainya sangat ekstrim. Memang satu-satunya jalan untuk menjaga keindahan sayap bidadari anda adalah menempatkannya di bawah naungan pohon-pohon lain atau dibawah shading net sehingga kecantikan daunnya menjadi terpelihara. Jika sayap bidadari anda sudah terlanjur layu sebagai pertolongan pertama anda perlu memindahkannya ke lingkungan yang lebih sejuk dan ternaungi. Kadang-kadang pertolongan datang terlambat dan caladium anda tak terselamatkan. Namun jangan khawatir jika anda ingin membuat tanaman caladium anda kembali elok bahkan lebih elok dari sebelumnya berikut ini saya sampaikan tips nya.

1. HILANGKAN SELURUH DAUNNYA
Bila daunnya belum rontok semua hilangkan seluruh daun beserta tangkainya. Cara ini memang mungkin akan membuat anda menangis. Betapa tidak, daun caladium anda yang elok harus dihilangkan. Namun dengan menghilangkan seluruh daun caladium ini, jika nanti setelah tumbuh kembali, daun yang tumbuh akan lebih rimbun dan lebar dari sebelumnya. Untuk menghilangkan seluruh daunnya anda dapat menjadikannya dorman secara buatan yakni dengan tidak menyiramnya sampai media tanamnya kering dan daunnya berguguran secara alami. Namun cara yang sering saya praktekkan dan telah terbukti keberhasilannya adalah dengan memotong seluruh daun beserta tangkainya dengan pisau yang bersih. Kalau anda ingin berhati hati sekali anda dapat menggunakan pisau yang hampir steril yakni dengan mengelapnya terlebih dahulu dengan kapas yang diolesi dengan alkohol baru dibilas dengan kapas yang diolesi air bersih dan dikeringkan. Namun saya lebih suka mengelap pisau yang saya gunakan dengan kapas yang dibasahi air bersih kemudian mengelapnya dengan lap bersih yang kering. Setelah pisau siap, kita potong daun beserta tangkainya yang melekat pada umbi secara hati-hati, jangan terlalu dalam sehingga umbi tidak rusak. Perlakuan ini akan baik keberhasilannya bila diameter umbi setidaknya 1,5 cm. Tidak disarankan pada caladium yang umbinya masih terlampau kecil.

Bila seluruh daunnya sudah terlanjur kering, anda cukup merapikannya hingga seluruh tangkai dan daunnya lepas dari umbinya. Gunakan pula pisau yang bersih atau hampir steril. Hati-hati, jangan merusak umbinya.

2. TANAM PADA MEDIA TANAM YANG TEPAT
Setelah daun dihilangkan semua, tanamlah caladium pada media tanam yang tepat. Anda dapat mempergunakan campuran tanah:pupuk kandang = 2:1, Humus andam: pasir kasar = 2:1, humus andam: pasir kasar: sekam mentah=1:1:1 atau media tanam lain yang cocok untuk caladium. Sebaiknya umbi dipendam namun tidak terlalu dalam. Pemendaman umbi yang terlalu dalam akan mengakibatkan warna caladium cenderung gelap. Contoh pemendaman yang tepat jika umbi caladium anda memiliki tinggi 2 cm maka sebaiknya buatlah lubang sedalam 3-3,5 cm, masukkan umbi dan timbun dengan media tanam. Kemudian diatasnya berikan tambahan pupuk buatan slow release dengan kandungan NPK yang seimbang sebanyak 1 sendok teh untuk pot dengan diameter 10-20 cm, sesuaikan diameter pot dengan besar umbi yang anda tanam kemudian basahi media tanam yang anda gunakan sampai benar-benar basah namun tidak becek. Kemudian tempatkan umbi tersebut pada tempat yang ternaungi namun masih mendapatkan sainar matahari (mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung). Anda harus selalu menjaga kelembapan media tanam, jangan membiarkannya kering. Lakukan penyiraman menurut kebutuhan. Yang pasti setiap hari media tanam harus senantiasa basah namun tidak becek.

3. SABARLAH MENUNGGU
Pertumbuhan daun memang cukup lama, antara 1-2 bulan namun jangan khawatir. Hasilnya nanti mudah-mudahan akan sesuai dengan keinginan anda. Setelah 1-2 bulan tunas akan tumbuh. Jika anda ingin lebih rimbun, tunas pertama dapat anda potong dan tunggulah lagi sampai tumbuh tunas-tunas yang baru sehingga nantinya caladium anda akan memiliki daun yang lebih rimbun. Namun jika anda hanya sekedar mencoba membuktikan tips ini, biarkanlah tunas tersebut langsung tumbuh. Dengan cara inipun daun caladium yang tumbuh sudah jauh lebih indah, lebih lebar, dan lebih berkilau dibanding sebelum daun-daunnya dipangkas.

4.JANGAN PERNAH TERLENA
Untuk pemeliharaan selanjutnya, anda tidak boleh lagi terlena. Masing-masing caladium memiliki karakteristik berbeda-beda. Ada yang tidak tahan sinar matahari namun ada pula yang cukup tahan. Pahami karakteristiknya dengan baik dan tempatkan pada lingkungan yang sesuai untuknya. Dari berbagai macam caladium mereka memiliki kesamaan. Tidak ada satupun dari mereka yag tahan terhadap kekeringan sehingga usahakan media tanam selalu basah namun tidak becek. Karena media tanam yang becek akan memacu timbulnya serangan jamur.

12 Jun 2008

HATI HATI KEKURANGAN PANGAN PADA HEWAN PELIHARAAN ANDA

Oleh: Nurheti Yuliarti

Ternak atau hewan peliharaan anda tak kunjung bunting? hati hati, terkadang kemandulan tidak disebabkan oleh sesuatu hal yang rumit. Hanya perkara sepele seperti kekurangan makanan ataupun gizi dapat menjadikan hewan peliharaan anda mandul

Kekurangan pakan khususnya untuk daerah tropis yang panas termasuk di Indonesia, merupakan salah satu penyebab penurunan efisiensi reproduksi karena selalu diikuti oleh adanya gangguan reproduksi menuju timbulnya kemandulan pada ternak jantan maupun betina. Kekurangan pakan dalam hal ini berarti bukan saja banyaknya pakan yang kurang tetapi juga mutu bahan pakan yang rendah. Pakan sebagai faktor yang menyebabkan gangguan reproduksi dan kemajiran sering bersifat majemuk, artinya kekurangan suatu zat dalam ransum pakan diikuti kekurangan zat pakan lain. Sebagai contoh pada sapi perah, kekurangan protein dalam ransum sering diikuti kurangnya mineral dan vitamin. Kekurangan pakan umumnya terjadi pada musim kemarau panjang , dimana pakan yang diberikan terdiri dari rumput yang sudah tua dengan kualitas rendah, rumput kering atau jerami, apalagi jika ternak tersebut selalu di dalam kandang dan kurang pergerakan.

Gangguan reproduksi pada induk dapat diperberat keadaannya bila selain kekurangan pakan juga disertai faktor penghambat lainnya seperti pekerjaan berat, cahaya matahari yang kuat, suhu kandang yang panas dan sanitasi kandang yang rendah, atau keadaan lingkungan lain yang kurang serasi. Kekurangan pakan yang terjadi dalan jangka waktu yang lama apalagi disertai dengan faktor pemberat lainnya seperti lingkungan yang kurang serasi tidak hanya mengakibatkan kemajiran yang parah tetapi juga diikuti oleh gangguan kesehatan tubuh, kekurusan, bulu kusam, turgor kulit yang jelek, pertumbuhan badan yang lambat, dan daya tahan tubuh terhadap penyakit yang rendah. Pada ternak betina yang masih muda akan ditandai timbulnya pubertas yang terlambat. Gejala khusus yang dapat dilihat pada induk yang baru saja melahirkan adalah tidak munculnya gejala birahi dalam waktu yang lama atau anestrus, sedangkan pada ternak muda, birahi pertama tidak pernah muncul.

Jadi mulai sekarang jangan remehkan soal makanan. Penuhi semua gizinya. Bagaimana caranya? Nantikan artikel saya berikutnya

4 Jun 2008

HIDUP SEHAT DENGAN DAGING

Oleh: Nurheti Yuliarti



Apakah anda takut mengonsumsi daging? Wah rugi dong. Daging kan banyak protein, vitamin dan mineralnya. Lebih lengkap lho daripada yang dimiliki tumbuhan. Kalau menghindarinya jangan-jangan anda jadi kurang gizi? apa anda takut kelebihan lemak? Jangan dong, kan lemak baik bagi tubuh juga sebagai pembawa vitamin A, D, E, dan K. Yang penting ketika anda mengonsumsi daging kurangilah bagian yang berlemak, karena daging tanpa lemak pun sebenarnya sudah cukup mengandung lemak. Namun sesekali boleh kok mengonsumsi daging berlemak, baiknya seminggu tidak lebih dari sekali(maksimal 50 gram saja) anda pasti rindu kan dengan gurihnya?



Takut penyakit zoonosis ya kalau anda mengonsumsi daging?Saya juga takut kok. Makanya kalau anda membeli daging baiknya di tempat resmi, karena keamanannya lebih terjamin. Anda kenal nggak penyakit dalam daging. Dibawah ini saya kenalkan beberapa penyakit pada hewan yang dapat menular kepada manusia. Karenanya hewan yang terserang penyakit ini nggak boleh dipotong lho



Beberapa Penyakit Yang Mengakibatkan Hewan Tidak Boleh Dipotong
1.Anthraks (Radang limpa)
Sapi, kambing dan domba dapat menunjukkan gejala yang berfariasi apabila terserang penyakit ini. Umumnya penyakit ini menimbulkan demam yang tinggi, adanya perdarahan dari lubang-lubang tubuh yang berwarna gelap dan tidak membeku. Pada bentuk per akut biasanya terjadi kematian mendadak, sedang pada bentuk akut demam akan cepat naik, tidak tenang, mengamuk, depresi, kesulitan bernafas, detak jantung keras, berak darah dan cepat mati.
2. Scrapie
Penyakit ini ditandai dengan gejala ketakutan, mudah terangsang, gemetar pada kepala dan leher, nafsu makan naik, suhu tubuh normal, mempunyai cirri spesifik adanya gatal-gatal, jika berlanjut hewan menjadi lemah, kejang-kejang lau tiak dapat berdiri dan terjadi kematian sehingga hewan tak layak dipotong untuk konsumsi.
3. Rabies/anjing gila
Penyakit yang disebabkan oleh virus ini biasanya menyerang anjing, kucing, dan kera namun sapi, domba, dan kambing juga bisa terkena. Hewan yang terserang penyakit ini umumnya menjadi liar, menggigit, memakan barang yang tidak dapat dicerna, selalu ingin kencing, mengalami kekejangan otot, serta kolik dan ahirnya lumpuh dan terjadi kelemahan umum.
4. Radang Paha (Gangraen emphysematosa)
Penyakit ini umumnya ditemukan pada sapi muda. Gejala penyakit ini adalah suhu badan tinggi, lesu seperti kelelahan, gangguan bergerak, kesulitan bernafas dan pernafasan cepat, bila kulit diraba seperti ada hawanya.
5. Penyakit ngorok (Septikemia haemorrhagica)
Penyakit ini umumnya ditandai dengan peningkatan suhu badan, penimbunan cairan dibawah kulit kepala, leher, gembel (kassem), kebengkakan keras, panas dan nyeri, pengeluaran ludah yang terus menerus, dan sukar menelan. Lidah mengalami kebengkakan yang hebat, pada bentuk pektoralis akan mengalami kesulitan bernafas dan radang paru-paru sedang pada bentuk intestinal hewan akan mengalami diare berdarah.
6. Tetanus
Penyakit ini bersifat akut, dan menyerang semua hewan. Hewan mengalami kekakuan otot dan akhirnya tidak mampu bergerak. Hewan yang menderita tetanus tidak boleh dipotong untuk konsumsi.
7. Listeriosis
Biasanya penyakit ini menyerang sapi perah dan domba namun manusia juga peka. Hewan potong yang terserang akan memisahkan diri dari kelompoknya, sangat depresi, nafsu makan turun, berdiri dengan sangat lemah, jalan berputar, suhu normal atau lebih sedikit, pengeluaran air liur berlebihan dan pengeluaran lendir dari hidung.

DIABETES MELLITUS

Oleh: Nurheti Yuliarti


Diabetes mellitus merupakan penyakit yang sangat dikenal terutama di kalangan orang orang mapan. Sebenarnya diabetes mellitus tidak hanya bisa terjadi di kalangan kaum mapan saja. Semua orang beresiko terserang. hanya besar kecilnyalah yang berbeda. Mau kenal diabetes mellitus? Kali ini saya paparkan khusus pecinta blog saya





APA ITU DIABETES MELLITUS?


Diabetes mellitus adalah merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi diatas normal(hiperglicemia), gangguan metabolisme karbohidrat , gangguan fungsi pancreas. Pankreas berfungsi untuk memroduksi glukagon dan insulin, sekresinya dikendalikan kadar gula dalam darah. Jika kadar gula darah tinggi maka pancreas akan mensekresikan insulin sehingga gula darah rendah yang mengakibatkan sekresi glukagon pancreas ditingkatkan. Hormon Glukagon disekresikan oleh sel-sel alfa pancreas. Sekresi hormone ini akan menaikkan glukosa darah berupa terjadinya glikogewnolisis, dan glukoneogenesis). Hormon insulin diproduksi oleh sel beta pancreas yang berfungsi untuk menurunkan glukosa darah yaiu terjadinya glikolisis, glikogenesis, dan lipogenesis.

Penyebab diabetes:
Ø Pankreas rusak sehingga tidak memproduksi insulin
Ø Produksi insulin tidak mencukupi kebutuhan tubuh
Ø Insulin tidak dapat dimanfaatkan sel untuk menurunkan glukosa darah

KLASIFIKASI DIABETES MELLITUS
Ø IDDM(Insulin Dependent Diabetes Mellitus): Diabetes mellitus yang tergantung insulin
Pada diabetes mellitus bentuk ini tidak diproduksi insulin atau produksi insulin tidak cukup sehingga pasien harus di injeksi insulin untuk bertahan hidup
Keadaan ini jarang terjadi, hanya sekitar 5-10% saja, umumnya terjadi pada usia muda, tetapi bisa terjadi pada semua usia, usia harapan hidup hanya 50% dari usia normal, diet yang ketat sangat diperlukan untuk mencegah komplikasi pada mata, syaraf, dan jantung. Gejala klinisnya jelas. Akibat kurangnya insulin glukosa tidak bisa dimanfaatkan sebagai energi, sehingga sintesis glukosa tinggi, akibatnya terjadi hiperglicemia(glukosa yang diabsorbsi ginjal 180mg/dl)ð glukosuria(glukosa dalam urin tinggi) ð Polyuria(sering kencing) ð Polydipsia(sodium dan pottasium banyak yang keluar) yang mengakibatkan haus) ð Astenia(kurang energi, sehingga menjadi lemas) dan polyphagia ( lapar dan nafsu makan meningkat) ð protein dan cadangan lemak di degradasi ð kurus (terjadinya katabolisme dan weight loss) ð Ketosis (katabolisme asam lemak sehingga terjadi akumulasi keton bodies) ð metabolic asidosis (akumulasi asam sehingga nafas bau). Jadi diabetes mellitus tidak hanya gangguan metabolisme karbohidrat saja namun berkaitan dengan metabol.isme protein, lemak, keseimbangan cairan serta elektrolit.
Ø NIDDM (Non Insulin Dependent diabetes mellitus) : Diabetes mellitus yang tidak tergantung insulin)
Pada diabetes mellitus bentuk ini sekresi insulin cukup bahkan melebihi normal tetapi sel tubuh tidak tolerant terhadap glukosa. Diabetees ini paling banyak terjadi daripada IDDM, keadaan ini sering terjadi 90% pada orang gemuk diatas 40 tahun, NIDDM berhubungan dengan kegemukan, karena kegemukan/obesitas memicu resistansi terhadap insulin). Perkembangan penyakit ini sangat lambat dan ge4jala kliniknya tidak nampak yaitu harus dilakukan dengan uji laborat, penyebabnya adalah faktor genetik

KOMPLIKASI DIABETES MELLITUS

Ø Berupa komplikasi vaskuler yang berhubungan denhgan pembuluh darah
Ø Luka sukar sembuh, sering berbisul dan bernanah, iritasi kulit, mati rasa, dan masalah vaskuler laainnya
Ø Kerusakan retina mata yang mengakibatkan kebutaan
Ø Atherosklerosis yang berhubungan dengan intake lenmak dan kolesterol
Ø Kerusakan syaraf (neuropathy)

CARA PENANGANAN DIABETES MELLITUS
1. Kendalikan berat badan, berat badan seharusnya sesuai dengan kisaran umur, struktur tubuh, dan tinggi badan untuk mengukut intake energi dengan tepat
2. Jadwal makan teratur, sesuai dengan jadwal terapi insulin
3. diet mengandung nutrisi yang diperlukan secara proporsional (KH, Protein, lemak)
4. Total intake lemak dibatasi, PUFA ditambah tapi SFA dan cholesterol dikurangi
5. Diet theraphy dan control hyperglycemia dengan oral hypoglycemic (IDDM) atau insulin (NIDDM)
6. Olah raga rutin yang membantu membajkar glukosa sehingga menurunkan glukosa darah

TERAPI DIET DIABETES MELLITUS
ENERGY. Tujuan terpenting dalam terapi diet DM adalah megendalikan total intake energi sehingga energi harus cukup untuk kebutuhan mempertahankan berat badan ideal. Kebutuhan energi untuk penderita DM 1500 K kal. Bahan mekanan sumber energi yang harus dibatasi yaitu Karbo hidrat, Protein, Lemak, dan alcohol
Karbohidrat
Disarankan karbohidrat komplek, tetapi respon masing-masing karbohidrat berpati tidak sama. Bahan yang mengalami pengolahan seminimal mungkin dan KH dari kacang-kacangan mempunyai respon glisemik paling rendah sehingga paling baik
Fiber/ serat
Diet tinggi serat sangat bermanfaat untuk penderita diabetes mellitus yaitu:
Ø Mencegah Diverticulosis, hyperlipoproteinemia, dan kanker kolon
Ø Membantu mengurangi intake kalori
Ø Membantu mengendalikan kadar glukosa darah dan kolesterol
Ø Mampu mengurangi kebutuhan insulin
Ø Meningkatkan sensitivitas jaringan terhadap insulin
4. Protein
Kebutuhannya sama dengan individu normal. RDA Protein 0,8 gram/kg BB orang dewasa. Dari intake kalori penderita DM, 15% nya berasal dari protein

5. Lemak
Dianjurkan mengurangi kolesterol dan SFA ( lemak jenuh) sehingga akan mengurangi resiko komplikasi DM dengan Atherosklerosis. Pengendalian TG (Lemak jenuh) harus diimbangi dengan proporsi KH, BB, dan intake energy
Dari total intake kalori, maksimum 30% dari lemak merupakan lemak jenuh< dm =" 1500kkal" 1oz="28">