12 Des 2007

Media Tanam Alternatif Bagi Anthurium Daun E-mail
Oleh Newsroom
Rabu, 12 Desember 2007

Sebenarnya, anthurium tergolong ke dalam tanaman indoor. Umumnya, tanaman ini ditanam di pot sehingga bisa diletakkan di teras atau di dalam rumah. Karena ditanam di pot inilah, maka sebisa mungkin kita memilih media tanam yang tapat agar anthurium tetap tumbuh dengan baik.

Pada dasarnya, anthurium membutuhkan media tanam yang subur, lembab tetapi tidak sampai basah, dan sangat porous. Adapun media tanam yang paling banyak digunakan dan mudah didapatkan adalah cacahan pakis karena bahan ini memudahkan akar anthurium yang lunak menembusnya. Cacahan pakis juga mengandung unsur organik yang cukup untuk kebutuhan tanaman dan sangat porous sehingga akar anthurium yang peka terhadap genangan tidak mudah busuk.

Selain itu, Anda pun dapat mencampurkan media tanam lain untuk anthurium daun Anda. Namun tentu saja, takarannya harus disesuaikan agar tidak menyebabkan kerusakan pada akar anthurium.

Berikut ini kami informasikan beberapa campuran media tanam untuk anthurium daun.

• Campuran humus gunung, pupuk kandang, dan pasir, dengan perbandingan 5 : 5 : 2.
• Campuran akar pakis dan biji kapuk randu, dengan perbandingan 1 : 1.
• Campuran akar pakis, pupuk kandang, dan sekam bakar, dengan perbandingan 3 : 1 : 1.
• Campuran akar pakis, akar kadaka, dan humus kaliandra, dengan perbandingan 3 : 3 : 1.
• Campuran akar pakis, humus gunung, dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
• Campuran sekam bakar dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1.
• Campuran akar pakis, humus gunung, dan akar kadaka, dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
• Campuran akar pakis dan sekam bakar, dengan perbandingan 1 : 1.

Nah, setelah mengetahui beberapa alternatif campuran media tanam untuk anthurium daun Anda, tidak ada salahnya untuk segera mencoba untuk mempraktikkannya. Siapa tahu, dengan mengganti media tanam yang ada, anthurium daun Anda dapat tumbuh lebih baik lagi. Selamat mencoba!

* Artikel lepas ini diintisarikan dari buku Mengenal & Merawat Anthurium Daun dan Media Tanam Untuk Tanaman Hias yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Sumber: www.agromedia.net

Tidak ada komentar: