13 Feb 2010

GAYA HIDUP SEHAT

Sehat itu mahal harganya. Memang sehat bukan segala galanya namun segala galanya tidak akan berarti tanpa kesehatan. Biaya berobat dewasa ini makin membengkak bahkan tidak terjangkau oleh kebanyakan orang. Agar badan kita tetap sehat, menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat adalah hal yang sangat penting bagi kita. Gaya hidup sehat yang perlu kita lakukan agar hidup kita senantiasa sehat diantaranya adalah:

• Makan makanan yang bervariasi. Jumlah kalori yang kita makan hendaklah sesuai dengan kebutuhan (ditentukan oleh jenis kelamin, umur dan aktivitas). Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan lebih detail dari sumber sumber yang dapat dipercaya misalkan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi

• Jagalah berat badan anda jangan sampai berlebihan. Obesitas akan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan kencing manis. Ada dua kemungkinan kenapa berat badan anda meningkat yang pertama anda terlalu banyak makan dan yang kedua anda kurang olah raga. Karena itulah perhatikan kedua faktor diatas.

• Berolahragalah secara teratur sedikitnya lima kali dalam seminggu dan setidaknya setiap kali berolahraga selama 30 menit. Sebenarya olahraga mudah dilakukan oleh orang yang sibuk sekalipun. Jika anda tidak memiliki waktu berolahraga cobalah amati kegiatan anda sehari hari pastilah ada salah satunya bisa disisipkan olah raga jika anda memang berniat melakukannya. Sebagai contoh memarkir mobil agak jauh dari pintu utama kantor anda sehingga memberikan anda kesempatan berjalan kaki untuk memasuki kantor, menaiki tangga (bukan lift atau escalator ) ketika akan pergi ke lantai atas atau bawah, bersepeda ketika berangkat ke kantor (jika tidak terlalu jauh), mengepel lantai, menyapu halaman, semuanya bisa dikatagorikan olah raga.

• Hindari merokok. Tidak di ragukan lagi merokok bisa mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan mulai dari penyakit jantung, paru paru, impotensi, kanker, dan lain sebagainya

• Hindari alcohol. Jangan pernah mengonsumsi alcohol dalam kondisi apapun karena akan merugikan kesehatan anda.

• Hidup dengan tertib. Hidup dengan tertib dapat meminimalkan terjadinya kecelakaan misalnya mengenakan sabuk pengaman bila mengendarai mobil, mengenakan helm jika naik motor, berjalan di sisi kiri jalan, taati tata tertib lalu lintas, pakailah masker atau kaca mata pelindung dalam pekerjaan yang memerlukannya.

• Jagalah kebersihan. Kebersihan pangkal kesehatan, karena itubiasakan hidup bersih, buanglah sampah pada tempatnya, kurangi polusi dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan, menanam banyak pohon, tidak membakar sampah dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar: