3 Feb 2008

HATI-HATI RACUN RUMAHTANGGA

Oleh: Nurheti Yuliarti
(nurheti2@yahoo.com)

Sejumlah bahan kimia terutama bahan kimia rumah tangga mampu menimbulkan alergi pada sejumlah orang. Alergi itu sendiri dapat dikatakan sebagai suatu bahan asing yang menyebabkan reaksi tak menyenangkan dalam jaringan tubuh manusia namun tidak terjadi pada setiap orang. Misalkan individu tertentu menjadi sakit bila mengonsumsi susu. Tentu saja hal ini tidak terjadi pada semua orang namun hanya terjadi pada beberapa orang saja yang sensitif terhadap susu. Efek yang demikian jelas berbeda dengan keracunan misalkan seseorang yang meminum lisol akan mengalami kesakitan yang amat sangat bahkan sampai mati. Jadi jika didefinisikan secara umum alergi adalah merupakan reaksi tak menyenangkan terhadap suatu bahan asing, sifatnya khas bahan itu berbeda dengan reaksi normal dan khas untuk individu yang bersangkutan.

Sebagian reaksi alergi menetap seumur hidup namun kebanyakan alergi dapat berubah efeknya dalam jangka waktu tertentu. Bila bahan tersebut dihindari reaksinya akan menghilang namun jika anda memakan atau mengalami kontak dengan bahan tersebut dalam jumlah yang besar maka alergi akan memburuk.

Beberapa jenis bahan kimia yang selama ini dinyatakan aman ternyata beracun ataupun menimbulkan alergi pada sejumlah orang. Bahan yang kita maksud tidak hanya pestisida dan polusi industri. Namun uap bensin dan gas rumah tangga juga dapat menimbulkan alergi. Meskipun disebut dengan alergi namun sebutan ini sebenarnya kurang tepat karena yang terjadi sebenarnya adalah keracunan dalam dosis rendah sehingga orang sering keliru menyebutnya sebagai alergi. Beberapa orang memiliki respon dengan dosis yang berbeda-beda sehingga nyaris disebut sebagai alergi. Bahan lain yang sering menimbulkan keracunan adalah formalin yang sering dipakai sebagai bahan pengawet pada kayu ataupun plastik. Bahan berbahaya lain adalah bahan sampingan yang keluar dari hasil pembakaran misalkan dari sisa pembakaran misalkan kompor dan rokok. Bahan beracunlain adalah obat semprot lalat maupun insektisida yang lain. Beberapa bahan kimia yang sering menimbulkan keracunan dalam dosis ringan ataupun alergi diantaranya:


1 Aerosol seperti Penghilang lemak,
Deodoran,
Semprot rambut,
Insektisida (obat anti nyamuk, anti semur, anti kecoa dll)

2 Pembersih Amonia seperti:
Pemutih
Sabun
Deterjen
Pernis

3 Kosmetik Krim cukur seperti:
Krim untuk wajah dan kulit
Deodoran
Parfum
Bedak
Takl
Cat rambut
Dll

4 Pelapis lantai Karpet seperti :
Linoleum
Pengisi(sealer)

5 Karet busa Penunjang karpet seperti:
Bantalan
Tirai

6 Bahan bakar Minyak seperti :
Api gas
Butana
Batu bara

7 Bocoran Fridges seperti:

Garasi(minyak)
Pemanas(hawa panas)

8 Mobil Minyak
Bensin
Tirai

9 Cat Cat minyak seperti:
Pelepas cat
Turpentin
Pernis

10 Pelarut Karbon Tetra klorida seperti:
Cairan pencuci-kering
Barang cetakan
Pelepas cat

Bagaimana agar aman dari bahan-bahan tersebut? Nantikan bahasan berikutnya di blog saya ini. Bersambung…………

Tidak ada komentar: