20 Des 2009

STRATEGI MENERBITKAN BUKU

Banyak orang senang menulis, namun tidak banyak yang mau menerbitkannya. Sebagian besar hanya menyimpannya sebagai koleksi pribadi alasannya beragam: takut ditolak penerbit, males berurusan dengan penerbit yang berbelit belit, nggak PD, malu dibaca orang dan lain sebagainya. Padahal buat apa sih kita nulis banyak banyak kalau hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri. Menembus dunia penerbitan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Yang terpenting adalah keberanian kita untuk memulainya. Penerbit hidup dari naskah yang diterbitkan, karena itu umumnya buku buku yang diterima adalah buku buku yang laku dijual. Tapi saran saya jangan buat buku yang kampungan atau murahan, beberapa penerbit kurang selektif sehingga mau menerbitkan buku kampungan asal laku. Dengan menerbitkan buku lewat penerbit semacam itu nama baik kita akan jeblok.

Bagaimana memilih penerbit yang baik?pertama perhatikan reputasi penerbit, kedua lihatlah seperti apa buku buku yang pernah diterbitkannya, bila memungkinkan carilah kenalan penulis yang menerbitkan buku lewat penerbit itu, cari tahu apakah kontraknya menguntungkan atau tidak, apakah pembayaran royaltinya lancar, apakah penerbitannya memakan waktu cepat atau lama? semuanya kita cocokkan dengan keinginan kita, mau kita terbitkan ke penerbit macam apa.

Masih takut menerbitkan buku? Mintalah bantuan agen yang terpercaya untuk menerbitkannya. Memang anda akan dikenakan cash berupa pembagian royalti atau uang tunai, namun bagi anda yang kurang PD atau terlalu sibuk, menerbitkan buku lewat agen sangat menguntungkan, karena agen akan membantu agar naskah anda yang kurang layak jual menjadi layak jual, membantu negosiasi dengan penerbitan memberikan jasa pengeditan sehingga pekerjaan anda lebih ringan dan naskah lebih cepat terbit. Selamat menerbitkan buku anda


ARTIKEL INI DIPERSEMBAHKAN CEMERLANG AGENCY, AGEN PENYALUR NASKAH TERPERCAYA DI YOGYAKARTA

Tidak ada komentar: