11 Sep 2009

SAYURAN LEZAT PENUH MANFAAT

Oleh: Nurheti Yuliarti

Jangan pernah lupa mengonsumsi sayuran setiap hari. Sayuran tidak sekedar serat yang bisa memperlancar pencernaan. Sayuran juga mengandung fitonutrient, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Jadi katakan tiada hari tanpa sayuran. Sayuran bisa menjadi masakan yang tdak kalah lezat dengan daging serta telur jika kita pandai memasaknya. Saya akan berbagi resep masakan sayuran yang saya kutip dari berbagai sumber. Maklum saya tidak pandai memasak tapi dikit dikit bisa juga sih, kalau nggak ya kebangetan dan kasihaaan banget suami dan anak anak saya kalau nantinya saya diberi kesempatan oleh Alloh untuk berkeluarga. Kali ini saya ambilkan dari sinar harapan.co.id yang dimuat di keseharian.com

Kangkung Belacan

Bahan
1 ikat kangkung, cuci, tiriskan
1 buah tomat, potong2
3 siung bawang merah, iris tipis
3 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu ulek kasar
4 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
1 sdt terasi
1 sdt garam
1 sdt gula merah

Cara membuat
1. Cuci kangkung, kukus sampai matang, tiriskan
2. Tumis bawang merah sampai harum
3. Tambahkan bumbu kasar, aduk samapi matang
4. Masukkan tomat, aduk sampai tomat layu, angkat
5. Tata kangkung pada wadah, siram dengan bumbu, sajikan

Tips dan informasi
Tutup kangkung pada saat direbus/dikukus dan ditiriskan agar warna kangkung tetap segar.Belacan adalah nama lain dari terasi. Kangkung Belacan pada dasarnya kangkung disiram sambal terasi goreng. Hmmm, kangkung bersama terasi memang cocok sekali.
Kangkung dipercaya sebagai makanan terapi alam dengan khasiat cukup besar di antaranya mengurangi haid yang terlalu banyak, mengatasi keracunan makanan, kencing darah, anyang-anyangan (kencing sedikit-sedikit dan rasanya nyeri), mimisan, sulit tidur, dan wasir berdarah. Sebagai obat luar, kangkung digunakan untuk mengobati bisul, kapalan dan radang kulit bernanah. Kurangi porsi kangkung bagi penderita Asam Urat

Tidak ada komentar: