31 Des 2008

SIBUK TAK SELALU SAKIT MAAG

Sakit maag bisa disebabkan karena bakteri Helicobacter pylori namun bisa juga disebabkan karena gaya hidup kita yang kurang sehat. Karena itu penyakit maag banyak di derita oleh mereka yang tinggal di kota besar sebab umumnya mereka memiliki gaya hidup yang asal asalan seperti kurang memperhatikan makanan yang di konsumsi baik pola maupun jenis makanannya. Selain itu beban kerja yang tinggi ditambah berbagai persoalan hidup yang tidak kunjung selesai membuat mereka cenderung dihinggapi penyakit maag. Secara lebih detail berikut ini tips bagi mereka sibuk namun ingin tetap sehat tanpa gangguan penyakit maag

A . Perhatikan Pola Makan
Terlambat makan karena kesibukan kerja atau jalanan macet adalah hal yang seringkali tidak bisa dihindari oleh mereka yang bekerja di kota kota besar. Akibatnya keluhan yag berkaitan dengan saluran pencernaan banyak dialami oleh sebagian kaum pekerja. Keluhan ini umumnya bermuara pada 2 zat: asam lambung dan gas saluran pencernaan.

Asam lambung adalah cairan yang dihasilkan oleh lambung, bersifat sangat mengiritasi (merangsang), fungsi utamanya adalah untuk membunuh kuman yang masuk kedalam lambung bersama makanan. Produksi asam lambung berlangsung terus menerus sepanjang hari, dan produksinya meningkat pada malam hari hingga dini hari serta setelah makan.

Anda mungkin beralasan pergi pagi pulang sudah petang, kerjaan menumpuk sehingga sakit maag pun menjadi sesuatu hal yang wajar bagi anda. Hal di atas bukanlah suatu alasan yang masuk akal. Anda boleh saja sibuk, namun anda tidak akan kehilangan akal untuk membuat tubuh anda tetap sehat. Beberapa jenis makanan yang mudah disiapkan ataupun di konsumsi untuk sarapan pagi dalam waktu cepat di kendaraan, ataupun sebelum anda berangkat ke kantor bisa menjadi pilihan misalkan:

Menu 1 : Arem arem isi sayuran
Susu hangat
Buah manis

Menu 2 : Arem arem isi daging
Teh hangat
Buah manis

Menu 3 : Roti tawar isi meses dan mentega
Susu hangat
Buah manis

Menu 4 : Roti tawar isi selai (selai kacang, buah, atau coklat)
Susu hangat
Buah manis

Menu 5 : Burger isi sayur dan daging
Teh hangat atau air putih hangat
Buah manis
Menu 6 : Mandarin cake, brownies atau lapis legit
Susu hangat
Buah manis

Menu 7 : Crakers
Susu hangat
Buah pisang

Menu 8 : Mie rebus campur sayuran
Telur rebus
Teh atau air putih hangat
Buah manis

Menu 9 : Mie goreng campur sayuran
Telur rebus
Teh atau air putih hangat
Buah manis

Menu 10 : Spagheti campur sayuran
Telur rebus
Jus buah manis

Pergantian menu setiap hari akan menghindarkan anda dari kebosanan. Memang akan lebih baik jika anda menyempatkan diri “makan besar” atau istilahnya makan nasi karena yang namanya orang Indonesia kalau belum makan nasi artinya belum makan sehingga seringkali anda masih terus merasa lapar sebelum anda makan nasi, tapi jangan khawatir makan bukan berarti harus makan nasi, makan bagi kita yang penting kebutuhan energi dan nutrisi kita terpenuhi.

Waktu istirahat siang gunakanlah dengan sebaik baiknya untuk beristirahat tanpa lupa mengisi perut anda dengan makanan yang lebih bisa mengganjal perut anda. Kalau toh anda tidak sempat beranjak dari kamar kerja anda karena ada beberapa hal yang belum anda selesaikan anda dapat mengonsumsi roti, crakers, biskuit ataupun makanan kecil lainnya yang telah anda siapkan sejak pagi hari untuk mengganjal perut anda, namun begitu anda memiliki waktu, sedapat mungkin segeralah pergi ke kantin untuk mengisi perut anda.

Perlu anda ingat, mengonsumsi makanan sekedar pengganjal perut memang dapat menghindarkan anda dari gangguan maag, namun jika hal tersebut anda lakukan setiap hari tentunya kurang baik bagi kesehatan anda karena anda akan mengalami kurang gizi. Jadi makanlah makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi anda setiap harinya, makan makanan pengganjal perut hanya bisa anda lakukan sekali waktu, bukan setiap hari.

Untuk memenuhi semua kebutuhan zat gizi bagi tubuh, kita harus mengonsumsi berbagai sumber bahan makanan secara bervariasi tidak peduli apakah anda vegetarian atau non vegetarian. Banyak penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang bervariasi akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan, mencegah penyakit pembuluh darah (kardiovaskuler) bahkan kanker. Tidak ada satupun satu jenis makanan yang dapat menyediakan semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Mengonsumsi berbagai jenis makanan sekaligus dapat memaksimalkan manfaat dari suatu makanan. Mengonsumsi berbagai jenis makanan dapat memberikan efek yang menguntungkan misalnya penyerapan zat gizi lebih baik dengan adanya vitamin C sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi yang disertai dengan mengonsumsi makanan yang merupakan sumber vitamin C akan memberikan manfaat lebih.

Maraknya penyakit belakangan ini sebenarnya bukan karena seseorang mengonsumsi bahan makanan tertentu akan tetapi hal tersebut berhubungan dengan tingkat konsumsi minyak dan gula yang meningkat dibanding yang seharusnya. Seperti kita lihat akhir-akhir ini konsumsi gula tidak hanya sebagai pemanis dalam berbagai minuman seperti teh, kopi, maupun susu namun telah dikonsumsi dalam bentuk sirup, permen, pelapis donat dan berbagai jenis kue yang kadang menjadikan kita mengonsumsinya dalam jumlah yang melambung.

Mengatur pola makan yang dapat juga kita sebut sebagai diet sangat penting bagi kesehatan kita. Dalam kehidupan sehari-hari diet sering diartikan sebagai puasa atau mengurangi makan. Padahal arti diet yang benar adalah kombinasi makanan dan minuman di dalam hidangan yang dikonsumsi sehari-hari. Diet yang dianjurkan adalah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Tubuh manusia yang sehat pada dasarnya memerlukan berbagai jenis zat gizi yang terdapat dalam berbagai jenis makanan yang dapat kita bagi menjadi beberapa golongan yakni karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Selain zat gizi, tubuh manusia yang sehat juga membutuhkan makanan yang tidak mengandung gizi yakni serat juga air yang sangat vital bagi kesehatan.

Secara umum diet bagi orang sehat yang dianjurkan adalah diet seimbang berdasarkan piramida makanan. Pada awalnya hanya ada satu jenis piramida makanan yakni piramida makanan untuk orang sehat. Dalam piramida makanan diatur komposisi makanan yang diperlukan untuk hidup sehat yang meliputi bahan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Diet ini mampu memberikan gizi seimbang dengan kebutuhan tubuh dan dapat memenuhi kebutuhan metabolisme normal. Ada lagi zat makanan yang tidak tercakup dalam piramida makanan namun harus tetap terpenuhi yakni air, jangan remehkan soal air karena sangat vital peranannya untuk kesehatan.

Penjelasan sederhana dari piramida makanan (lihat gambar) adalah letak makanan pada piramida menunjukkan porsi yang dianjurkan. Untuk piramida makanan non vegetarian dapat dijabarkan sebagai berikut
1. Makanan pokok sumber karbohidrat seperti padi-padian, pasta dan serealia dikonsumsi dalam jumlah paling banyak jumlahnya (6-11 bagian)
2. Diatas karbohidrat adalah buah dan sayur, jumlah yang dianjurkan cukup banyak namun lebih sedikit dari karbohidrat. Konsumsi sayuran yang dianjurkan adalah 3-5 bagian sedang buah-buahan 2-4 bagian)
3. Pada tingkat ketiga adalah kelompok makanan yang merupakan sumber protein. Termasuk di dalamnya susu dan hasil olahannya,kacang-kacangan, daging, ikan, dan unggas, jumlah anjuran yang di konsumsi lebih sedikit daripada sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk susu dan hasil olahannya diharapkan cukup 2-3 bagian demikian pula daging, kacang-kacangan dan hasil olahannya
4. Pada tingkat yang teratas adalah kelompok minyak dan gula. Pada tingkat ini jumlah yang dikonsumsi paling sedikit dibandingkan dengan ketiga jenis makanan yang lain.

Di malam hari, meski anda letih dan mengantuk, usahakan untuk mengisi perut dengan setidaknya makan makanan ringan sebelum tidur. Produksi asam lambung selewat tengah malam umumnya akan meningkat. Jika anda membiarkan lambung benar benar kosong sejak sore hari, maka anda beresiko mengalami nyeri lambung di pagi hari, atau bahkan anda terbangun pada dini hari karena nyeri lambung. Anda yang berusia lebih dari 60 tahun hendaknya lebih berhati hati karena mereka yang berumur lebih dari 60 tahun lebih rentan terserang penyakit ini.

Kurangi konsumsi sayuran mentah atau sayuran yang diketahui berpotensi menghasilkan gas di saluran pencernaan misalkan sawi, kol, dan bunga kol. Selain itu jika anda ingin meningkatkan konsumsi serat dari sayuran, lakukan secara bertahap hingga bakteri baik yang membantu pencernaan sayur siap terlebih dahulu. Jika secara tiba tiba anda mengonsumsi sayuran dalam jumlah besar dapat berakibat kembung, karena tubuh masih kekurangan jumlah bakteri baik yang membantu mencerna sayuran tersebut.

Kurangi minuman bersoda yang menambah jumlah gas di saluran pencernaan, juga makanan dan minuman yang rasanya yang asam karena akan ikut memperburuk kondisi lambung yang sudah kelebihan asam lambung

Kurangi juga makanan yang berlemak, pedas, dan asam seperti opor, durian, masakan padang, dan pempek palembang. Ikuti nasehat bijak orang tua: jangan segera tidur atau berbaring setelah selesai makan, meskipun anda merasa mengantuk dan nikmat karena kekenyangan. Tunggu hingga lebih kurang 1 jam agar sebagian besar makanan sudah meninggalkan lambung menuju ke usus. Anda dapat membaca koran atau menonton TV setelah makan, sambil duduk di kursi makan atau di sofa.

Tidak ada komentar: