27 Okt 2007

PERTANYAAN TERPILIH BULAN INI

1Tentang hewan kesayangan

Selamat siang,

Saya sangat tertarik pada buku anda mengenai "hidup sehat bersama hewan

kesayangan". Tetapi saya ada beberapa pertanyaan yang
mungkin bisa tolong dijawab:
1. bila saya hanya memiliki satu anjing apakah itu tetap tidak boleh
ditaruh
didalam rumah terus?
2. karena itu anjing yang bersifat rumahan / harus terkena AC apakah
boleh
bila tidurnya dikamar saya?
3. solusi yang bisa diberikan? apakah anjing itu perlu kandang atau
apa?

Saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.


Josepher Ardi
Jawaban:

Saya akan mencoba untuk menjawabnya, namun bila nantinya jawabannya
masih kurang saya persilahkan Bapak menghubungi saya kembali, saya akan
menjawabnya dengan senang hati
- Sebaiknya anjing memang dikandangkan meskipun hanya satu. Potensi
terbesar yang berbahaya buat anjing adalah alergi bulunya dan
kemungkinan penularan ringworm. Sedangkan untuk rabies memang berbahaya,
namun dia tidak langsung menularkan, jadi harus melalui gigitan. Hal ini
memang berbeda dengan kucing yang sangat mudah menularkan Toksoplasma
bila tidak dikandangkan karena toksopkasma sangat mudah menular (lihat
kembali buku saya). Memang bahaya anjing tidak sebesar bahaya kucing
namun saya sarankan tetap dikandangkan. Kenapa? Penyakit pada hewan
kesayangan berkembang terus, seperti saja kita lihat dulu flu burung
tidak mematikan namun sekarang mematikan. Nah yang saya khawatirkan
kalau nantinya muncul penyakit berbahaya baru pada anjing yang mudah
menular ke manusia, bukankan akan fatal jika anjing Bapak ada di dalam
rumah. karena penularannya lebih mudah daripada jika dikandangkan

- Wah kalau anjing dibawa tidur sama sekali tidak boleh Pak, sangat
berbahaya karena kalau dia terkena penyakit zoonosis akan sangat mudah
menular apalagi alergi bulunya itu sangat berbahaya. Solusinya untuk
anjing yang memang harus di ruangan ber AC ya buatkan dia kandang yang
dilengkapi AC. Namun sebenarnya pemeliharaan jenis anjing ini akan lebih
tepat kalau dia ditempatkan di villa yang ada di pegunungan karena AC
membuat udara menjadi kering sehingga kurang baik untuk keindahan bulu
dan kulitnya. Tapi kalau memang sudah disayangi ya tidak apa-apa buatkan
saja dia kandang yang dilengkapi AC namun jangan biarkan dia seharian
disana, seing-seringlah ajak dia keluar (misal di halaman) agar kulit
dan bulunya tidak kering. Kalau Bapak punya villa atau rumah di
pegunungan misal di kaliurang, akan baik sekali kalau Bapak buatkan
kandang disana, dan tidak perlu dilengkapi AC.

- Begitu saja Pak, semoga semua ini dapat menjawab pertanyaan Bapak. Oya
ada kesalahan editorial dalam buku saya yang mungkin sedikit mengganggu
Bapak pada tabel tentang vitamin mineral untuk kucing (saya lupa halaman
berapa), pada halaman sambungannya pada bagian atas tabel tertulis
anjing, itu salah yang benar itu lanjutannya tabel kucing.


Demikian saja Pak, selamat membaca dan bila ada pertanyaan selanjutnya
saya akan bersedia menjawabnya.

Salam,
Nurheti Yuliarti
nurheti2@yahoo.com

2. Tentang Anthurium
Ass.Wr.Wb.
Salam & Selamat berkarya !
Setelah membaca dan berusaha memahami buku Media tanam & pupuk utk anth
daun.Yang sangat berguna dan dapat dijadikan panduan. yang ingin saya
tanyakan apa jenis / merk hormon perangsang tunas maupun akar.Tentunya
dengan harga yang terjangkau.Utk seorang pemula dengan modal yg tipis.
Salam. Ngadimin

Wa'alaikumussalam warohmatullahi wabarokaatuh

Terimakasih atas perhatian Bapak. Terus terang kalau bicara soal merek
saya agak sungkan karena saya enggan untuk mengkomersialkan merk
tertentu. Namun dari pengalaman beberapa praktisi yang pernah saya
kunjungi penggunaan obat perangsang akar yang banyak digunakan dan telah
terbukti cukup baik adalah atonik dan root up (gunakan salah satu). Saya
minta maaf tidak berani merekomendasikan merek lain karena belum melihat
khasiatnya, mungkin Bapak bisa bertanya tentang obat perangsang akar
lain dari teman-teman Bapak sehingga mungkin banyak gunanya untuk
bertukar pengalaman.

Demikian jawaban dari saya, atas perhatian Bapak saya mengucapkan
terimakasih yang sebesar-besarnya

Tidak ada komentar: